Mengenal Manfaat Tiram Untuk Kesehatan

Seperti hidangan laut lainnya, tiram tinggi kandungan protein, zinc, omega-3 dan rendah kolesterol. Para ahli gizi mengatakan bahwa tiram mengandung banyak asam amino tirosin, yang membantu meningkatkan suasana hati (mood) dan mengatur kadar stres. Tiram mengandung zinc lebih banyak daripada jenis makanan lain, yang berfungsi untuk mendukung kesehatan reproduksi dan seksual, terutama pada pria.
Tiram sama seperti jenis kerang lain kaya dengan kandungan protein, iron, magnesium, calcium, zinc dll. Tiram lumayan sulit untuk ditemukan dipasar atau swalayan, kalaupun ada lebih sering dijumpai adalah daging tiram yang sudah dijual tanpa cangkang dan daging ini harus dimasak terlebih dahulu, tidak baik kalau dimakan mentah.

www.nola.com
Berikut ini penjelasan mengenai beberapa kandungan dalam tiram yang baik bagi kesehatan.

Zinc

Tiram adalah sumber alami yang paling terkonsentrasi dari zinc. Zat zinc ini sangat penting bagi mempertahankan sistem kekebalan yang kuat, mendukung penyembuhan luka, mempertahankan indera perasa dan pencium. Namun zinc juga memliki kekuraNgan yaitu dapat mengakibatkan gejala seperti pertumbuhan terhambat, nafsu makan yang buruk, penurunan penyembuhan luka, kerontokan rambut, gangguan indera rasa dan bau dan lebih sering infeksi.
Tiram terbilang memiliki cukup rendah lemakĀ  sehingga cukup aman dijadikan menu sehari-hari. Anda bisa menikmati tiram dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Hindari memakan tiram mentah karena dikhawatirkan sudah terkontaminasi bakteri vibrio yang dapat menyebabkan mual dan muntah. Satu porsi kerang mengandung hanya 2 gram lemak.

Sumber Protein

Tiram merupakan salah satu sumber protein yang baik. Satu tiram yang berukuran sedang mengandung kurang lebih 1 gram protein.

Asam Amino

Tiram diketahui sebagai afrodisiak karena kaya akan asam amino yang memicu peningkatan kadar hormon seks. Alasan lain adalah bahwa kandungan zinc tinggi membantu dalam produksi testosteron.

Zat Besi

Zat besi pada Tiram berguna untuk pembentukan hemoglobin, yaitu zat dalam darah yang berperan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Rendahnya hemoglobin akan menyebabkan anemia, yaitu kondisi yang ditandai gejala 3L (lemah, letih dan lesu). Kandungan zat besi, seng, dan iodium dapat membuat aliran darah ke alat genital lebih lancar, sehingga diduga memiliki andil besar dalam meningkatkan gairah seksual.www.operakitchen.com.au

Diambil dari berbagai sumber di internet