Banda Aceh Raih Penghargaan Tingkat Vaksinasi PMK Terbaik

Banda Aceh – Kota Banda Aceh meraih penghargaan sebagai kabupaten/kota yang berhasil melakukan Tingkat Vaksinasi PMK Terbaik.

Penghargaan itu diserahkan oleh Sekda Aceh Taqwallah mewakili Pj Gubernur Aceh yang diterima langsung oleh Sekda Kota Banda Aceh Amiruddin, di sela sela acara Rapat Kerja (Raker) Sekda se Aceh di Kantor Gubernur, Jumat (19/08/2022).

Sekda Kota Banda Aceh Amiruddin usai acara rapat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang telah memberikan penghargaan Kota Banda Aceh sebagai Kota dengan tingkat vaksinasi terbaik. Ia mengatakan, Pemko atas terus menggenjot vaksinasi PMK di Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih. Tentunya jajaran Pemko Banda Aceh akan terus bekerja untuk penanganan PMK,” katanya.

Selain itu Amiruddin mengatakan adapun kondisi hari ini jumlah sapi sebanyak 1.066 ekor dan kambing berjumlah 1.466 ekor. Selain itu jumlah terdata terkena PMK sebanyak 100 ekor, mati 1 dan sembuh 60 ekor.

“Dalam hal ini, Banda Aceh juga telah membentuk Satgas PMK yang diketuai oleh Sekda Banda Aceh Amiruddin dan gabungan lintas sektor dari unsur Pemko, Polresta, Kodim 0101/BS, FKH USK dan Asosiasi Obat,” jelasnya.

Pemko juga menggelar berbagai aksi seperti; penyekatan ternak di dua pintu masuk arah timur Banda Aceh, yaitu terminal mobar Santan dan arah barat Simpang Dodik, Gampong Emperom dengan memeriksa surat kesehatan ternak yang keluar masuk, puncaknya pada Idul Adha 1443 H.

“Kita juga terus menyosialisasi tentang PMK kepada penyuluh, dan peternak akan bahaya PMK dan pentingnya vaksin sebagai pencegahan penularan penyakit,” ungkapnya sekda.

Dari sisi pengobatan dan vaksinasi, Pemko telah membuat pelayanan pengaduan PMK untuk pengobatan di dua Puskeswan yaitu; Puskeswan Keudah dan Puskeswan Ulee Kareng.

Terakhir Amiruddin menyampaikan apresiasi Satgas PKM Kota Banda Aceh yang sudah terlibat dalam penanganan PMK baik itu Polresta, Dinas Perhubungan, BPBD, FKH USK dan Asosiasi Obat.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki dalam arahannya mengapresiasi seluruh kabupaten/kota di Aceh, yang telah sukses melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di daerah masing-masing.

“Apresiasi kami sampaikan kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota yang telah berhasil melaksanakan vaksinasi PMK di daerah masing-masing,” ujarnya sore itu.

Pj Gubernur juga mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk turut menyukseskan upaya penanganan stunting yang saat ini menjadi fokus pemerintah.

“Selanjutnya, saya mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk turut menyukseskan penanganan stunting yang saat ini menjadi fokus kita semua. Demi masa depan generasi kita, maka mari kita bekerja sebaik mungkin agar stunting benar-benar bisa kita tangani,” ungkapnya. (CM) 

Sumber : bandaacehkota.go.id