Penyuluh Pertanian & Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh Gelar Pelatihan Hidroponik

Penyuluh Pertanian Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Banda Aceh kembali melaksanakan pelatihan budidaya tanaman secara hidroponik bagi kader PKK Desa Se-Kota Banda Aceh, yang dilaksanakan pada tanggal 10 September 2018 di Aula Gedung C Balai Kota Banda Aceh.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pembukaan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kota Banda Aceh Nurmiati AR yang juga turut hadir Wakil Ketua berserta seluruh pengurus PKK Kota Banda Aceh. Dalam sambutannya, Ketua TP PKK menyampaikan bahwa trend bertani secara hidroponik saat ini semakin berkembang di masyarakat dan semakin banyak diminati oleh masyarakat. Perkembangan minat masyarakat bertani secara hidroponik ini merupakan hal yang menggembirakan karena akan mendukung ketahanan pangan di masyarakat dan bahkan dapat mendorong terwujudnya kemandirian pangan masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut beliau sangat menyambut baik pelatihan hidroponik yang dilaksanakan oleh TP Penggerak PKK Kota Banda Aceh. Saya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat mendukung upaya pemerintah Kota Banda Aceh mewujudkan kemandirian pangan masyarakat dan juga mendukung Visi Misi Walikota Banda Aceh yaitu mewujudkan Banda Aceh yang Gemilang dalam Bingkai Syariah, demikian ujarnya.

Pelatihan ini sendiri dilatih langsung oleh Penyuluh Pertanian Kota Banda Aceh Bustami, SP., MP dan dibantu oleh beberapa penyuluh lain. Setelah penyampaian materi kemudian dilanjutkkan dengan praktek langsung dari persemaian sampai dengan penanaman.

Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta hal terlihat dengan banyaknya pertanyaan dari peserta karena sanking penasarannya dengan budidaya secara hidroponik. Selama ini belum pernak dilaksanakan pelatihan seperti ini, apalagi adanya kolaborasi antara penyuluh dan PKK Kecamatan.

Kita berharap agar bekal ketrampilan menanam dengan cara hidroponik dan bantuan stimulan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan hasil serta kualitas tanaman hidroponik di Kota Banda Aceh dan juga mendukung program Kementrian Pertanian yaitu kesejahteraan petani dan kemandirian pangan khususnya di Kota Banda Aceh. Untuk itu perlu dukungan semua pihak terutama Pemko Banda Aceh sehingga dapat berjalan dengan baik semua kegiatan pertanian.

Ditulis Oleh : Bustami, SP., MP (Penyuluh Pertanian Kota Banda Aceh)