DP2KP Banda Aceh Kenalkan Pola Tanam Hidroponik

Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Kota Banda Aceh mengadakan pelatihan budidaya tanaman secara Hidroponik Berbasis Sekolah. Kegiatan diinisiasi oleh bidang pertanian dan peternakan. Pada tahun 2018 ini ada 4 sekolah yang menjadi Pilot Project pengembangan tanaman hidroponik. Adapun sekolah yang dipilih yaitu SMP Negeri 13 Banda Aceh, SMA Negeri 13 dan 14 Banda Aceh dan terakhir akan dilaksanakan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Keempat sekolah yang dipilih ini diharapkan akan menjadi percontohan bagi sekolah lain di Banda Aceh.

Pelatihan ini sendiri dimulai pemaparan materi yang disampaikan oleh Bustami, SP., MP yang merupakan salah satu penyuluh pertanian Kota Banda Aceh. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan praktek langsung oleh siswa bersama para dewan guru. Siswa terlihat begitu antusias kegiatan ini, karena selama ini disekolah masih menanam tanaman dengan sistem konvensional yaitu menggunakan media tanah.

Hidroponik ini adalah sistem bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah sebagai medianya atau lebih dikenal dengan menggunakan air sebagai medianya. Diharapkan ke depan semua sekolah di Banda Aceh baik dilevel sekolah dasar dan menengah sudah mengenal dengan istilah hidroponik.

Sekolah-sekolah di Banda Aceh sangat memungkinkan untuk dikembangkan sistem pertanian hidroponik karena mengingat lahan sekolah sangat terbatas dan ini akan menjadi solusi untuk pengembangan program Farming School. Andai kata di sudut kelas ada tanaman ini, maka ini akan menambah nilai keindahan sekolah itu sendiri. (bustami)