Deretan Penghargaan yang Diraih Selama 4 Tahun Kepemimpinan Amin – Zainal, Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh periode 2017-2022

Apresiasi Capaian Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan

Banda Aceh | Hari ini (7 Juli 2021) Genap 4 tahun sudah, Pemerintah Kota Banda Aceh dinahkodai oleh H Aminullah Usman dan H Zainal Arifin sebagai Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh yang dilantik pada 7 Juli 2017 oleh Irwandi Yusuf di ruang sidang paripurna DPRK Banda Aceh. Selama empat tahun itu, satu per satu janji kampanye yang tertuang dalam visi misi mereka sebagai Kepala Daerah, mulai direalisasikan.

Pasangan Amin Zainal mengusung Visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah. Dalam rangka mendukung visi misi Walikota Banda aceh banyak program pro rakyat yang telah dijalankan oleh Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Banda Aceh, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Dalam rangka menjalankan tupoksi DPPKP Banda Aceh  Sesuai Qanun No.11 Tahun 2016 dan Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 61 Tahun 2016, berbagai langkah strategis dan taktis dilakukan untuk mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah.

Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan mempunyai tugas melaksanakan Urusan Pemerintahan dibidang Pangan, bidang Pertanian, bidang Kelautan dan Perikanan.

Di tahun 2019 terwujudnya Gedung Laboratorium Pangan Kota Banda Aceh yang bertujuan sebagai tempat pengawasan dan  pengujian pangan segar asal tanaman yang dikonsumsi masyarakat, kemudian pada tahun 2020 juga ada pendistribusian bantuan kepada masyarakat  yg terdampak Covid-19  melalui bantuan peralatan dan bibit tanaman pangan keluarga. Juga Pembekalan teknis tentang Pekarangan Pangan Lestari kepada ibu-ibu rumah tangga yg tergabung dalam kelompok Wanita Tani untuk menyikapi prediksi krisis ketahanan pangan keluarga di masa pandemi. Terakhir pada tahun 2021 pemberian bantuan peralatan dan bibit tanaman pangan pada pesantren.

Lebih lanjut untuk Bidang Pertanian dan Peternakan berbagai kegiatan dilaksanakan, terutama pada saat menjelang hari besar islam (meugang) dengan melakukan pemantauan dan pengawasan  Pangan asal hewan Khususnya daging yang diperjualbelikan termasuk  daging qurban yang dibagikan ke masyarakat melalui kegiatan kerjasama lintas sektoral dengan melibatkan mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala.

Semenjak pandemi Covid 19, Peran Penyuluh Pertanian sangat gencar terutama mengajak masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui pemanfaatan pekarangan dan meningkatkan peran petani milenial untuk menumbuhkan program usaha kecil menengah melalui budidaya tanaman secara hidroponik.

Adapun prestasi-prestasi Pemerintah Kota Banda Aceh selama 4 tahun dibawah bimbingan kepemimpinan Amin Zainal yang pernah diraih melalui Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Periode 2017-2019, diantaranya :

[Tahun 2017]

Juara 1 Stand Terbaik Pada Pekan Daerah Tingkat Provinsi Aceh, Juara 1 Sapi Aceh Jantan Bebas pada acara EXPO Ternak ke 8 tahun 2017 di Banda Aceh, Juara 1 Sapi Bali Jantan pada acara EXPO Ternak ke 8 tahun 2017 di Banda Aceh, Juara 1 Sapi Brangus Jantan pada acara EXPO Ternak ke 8 tahun 2017 di Banda Aceh, Juara 2 Sapi Simental pada acara EXPO Ternak ke 8 tahun 2017 di Banda Aceh, Juara 2 Sapi Brahman pada acara EXPO Ternak ke 8 tahun 2017 di Banda Aceh, Juara 2 Sapi Aceh Betina pada acara EXPO Ternak ke 8 tahun 2017 di Banda Aceh, Juara 3 Sapi Liemosin pada acara EXPO Ternak ke 8 tahun 2017 di Banda Aceh.

[Tahun 2018]

Juara 1 Kategori Pelaku Pemberdayaan Masyarakat pada Acara Adhikarya Pangan Nanggroe Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2018, Juara 1 Sapi Aceh Jantan pada acara PEDA  tahun 2018 di Banda Aceh, Juara 1 Sapi Aceh Betina acara PEDA  tahun 2018 di Banda Aceh, Juara 1 Pergelaran Seni pada Jambore Penyuluh ke II di Meulaboh Tk. Provinsi, Juara 1 Cyber Extension pada Jambore Penyuluh ke II di Meulaboh Tk. Provinsi, Juara 1 Yel- Yel Penyuluh pada Jambore Penyuluh ke II di Meulaboh Tk.Provinsi, Juara 3 Sapi Simental Betina acara PEDA tahun 2018 di Banda Aceh, Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Lingkungan Antar Instansi Se-Kota Banda Aceh.

[Tahun 2019]

Juara 1 Lomba Sapi Aceh Jantan pada acara EXPO Ternak ke 10 tahun 2019 di Aceh Barat Daya, Juara 1 Lomba Masak Cipta Menu Beragam Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Tahun 2019, Juara 1 Lomba Masak Serba Ikan Kategori Menu Balita Tingkat Provinsi 2019, Juara 2 Lomba Sapi Brahman Jantan pada acara EXPO Ternak ke 10 tahun 2019 di Aceh Barat Daya, Juara 2 Lomba Asah Terampil Petani Aceh (LAT-PA) Tingkat Provinsi Tahun 2019, Juara 3 Sapi Aceh Betina pada acara EXPO Ternak ke 10 tahun 2019 di Aceh Barat Daya, Juara 3 Sapi Aceh Sapi Aceh Hasil IB pada acara EXPO Ternak ke 10 tahun 2019 di Aceh Barat Daya, Juara 3 Sapi Brangus Jantan pada acara EXPO Ternak ke 10 tahun 2019 di Aceh Barat Daya, Juara 3 Kambing Etawa pada acara EXPO Ternak ke 10 tahun 2019 di Aceh Barat Daya, UPTD RPH memperoleh SERTIFIKAT HALAL dari MPU Aceh, Juara Harapan 3 Kategori Olahan Pangan Lokal Komersial Pada Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Nasional di Kendari-Sulawesi Tengah.

Pemerintah kota Banda Aceh melalui program pro rakyat yang diemban oleh Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan, terutama di tengah pandemi Covid-19. Mudah mudahan menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama bersinergi dan memaknai keberhasilan serta prestasi yang telah dicapai dalam rangka meraih kemandirian, kemajuan, kesejahteraan dan berdaya saing termasuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat sebagaimana yang telah diamanatkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.