Hidroponik Sistem Sumbu (Wick System)

Hidroponik merupakan salah satu solusi pertanian di Perkotaan dikarenakan keterbatasan lahan. Namun disisi lain untuk pengembangan membutuhkan biaya tidak sedikit apabila dikelola secara profesional.

Sekarang, bertanam hidroponik tidak lagi menjadi masalah dengan biaya karena saat ini sudah ada alternatif yang bisa dimanfaatkan sebagai medianya yaitu memanfaatkan barang bekas seperti yang dilakukan di BPP Meuraxa dengan sistem sumbu atau dikenal dengan istilah wick system. Sistem ini memiliki kelebihan diantaranya biaya murah, tidak pakai listrik, mudah dikerjakan.

Sistem ini juga tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar karena bahannya ada di sekitar kita. Salah satunya Styrofoam bekas buah anggur. Apabila limbah ini dioptimalkan maka sangat potensial untuk pengembangan hidroponik di kota Banda Aceh minimalnya di level masyarakat menengah ke bawah.

Mari bersama kita galakkan hidroponik sistem ini selain mudah juga dapat menyelamatkan lingkungan dari sampah yngg tidak dapat terurai dalam tanah dan juga dapat menghasilkan sayuran segar di depan rumah kita. (Bus)

Bustami, SP
Koordinator BPP Meuraxa

#hidroponikmurah
#bpp_meuraxa
#bebas_sampah
#dppkp_bna