DP2KP & BI Distribusikan Bibit Cabai Program Urban Farming

Banda Aceh, Selasa (26/6/18) Bank Indonesia Perwakilan Aceh bersama Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan Penyuluh Pertanian Kota Banda Aceh sudah mulai mendistribusikan bibit cabai program Urban Farming Kota Banda Aceh. Pada hari perdana pendistribusian bibit telah disalurkan sebanyak 3000 bibit cabai untuk 10 desa di Kecamatan Meuraxa. Jumlah keseluruhan bibit yang akan didistribusikan sebanyak 30 ribu bibit yang terbagi untuk 90 desa di Kota Banda Aceh. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Bank Indonesia Perwakilan Aceh melalui dana CSR, BI bekerjasama dengan Dinas Pangan Pertanian Kelautan Perikanan Banda Aceh (DP2KP). BI sangat mengharapkan dukungan penyuluh pertanian untuk mendampingi masyarakat penerima bibit tersebut terutama dalam pemeliharaan sampai tanaman menghasilkan.

Urban Farming merupakan program terobosan Bank Indonesia Perwakilan Aceh. Selama ini dana CSR hanya dialokasikan untuk jangka pendek atau temporer, sehingga BI berinisiatif untuk mengelola kegiatan yang berkesinambungan dan melibatkan banyak pihak. Program Urban Farming di Kota Banda Aceh ini melibatkan mahasiswa penerima beasiswa BI, kampus Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dan Penyuluh Pertanian Kota Banda Aceh.

Dengan adanya program ini akan membangkitkan semangat masyarakat untuk memanafaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan salah satunya tanaman cabe sehingga diharapkan dapat menurunkan inflasi di Kota Banda Aceh terutama pada saat harga cabai melambung.

Penulis : Bustami, SP

Penyuluh Pertanian Kota Banda Aceh