KAJIAN EVALUASI DAMPAK PUMP KELAUTAN DAN PERIKANAN DI KOTA BANDA ACEH

Dalam rangka memantau Evaluasi Dampak Program PNPM Mandiri KP, Kepala Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menyelenggarakan Survey Pengumpulan data evaluasi dampak Program PNPM Mandiri KP Tahun 2014 di Kota Banda Aceh, yang diselenggarakan tanggal 18 – 24 Agustus 2014.

Kegiatan tersebut melakukan pengumpulan data primer dan sekunder Kajian Evaluasi Dampak PUMP Kelautan dan Perikanan di Kota Banda Aceh dan data-data pendukung lainnya di Kota Banda Aceh sehingga dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan perbaikan kebijakan kedepannya.

Pada kegiatan tersebut, Peneliti yang ditugaskan meneliti adalah Yayan Hikmayani, M.Si, Riesti Triyanti, S.Si dan Muhibuddin yang tiba di Banda Aceh pada hari Senin 18/8 yang disambut oleh Kadis Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Banda Aceh Bachtiar, S.Sos dan Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Kota Banda Aceh Dewiana, S.Pi.

Mereka melakukan perjalanan ke lapangan dengan tujuan kelompok penerima manfaat dari PUMP PT, PUMP PB dan PUMP P2HP Tahun 2012.  Pada Perjalanan Lapangan, peneliti menuju ke kelompok penerima PUMP PT berjumlah 8 kelompok. dan menuju kelompok penerima manfaat PUMP PB 11 kelompok Sedangkan kelompok PUMP P2HP berjumlah 12 kelompok.

Dengan adanya Program PUMP KP ini berdampak dalam peningkatan masyarakat baik Nelayan, Pembudidaya dan Pengolahan ikan, dan diharapkan Program ini berlanjut hingga penerima manfaat menjadi mandiri, Harap Kabid Kelautan dan Perikanan Kota Banda Aceh.